PROGRAM STUDI
KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOPETENSI
KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SMK NANGKALEAH
Disusun untuk memenuhi
persyaratan mengikuti ujian Nasional
Tahun pelajaran
2016/2017
Di susu oleh :
WAWAN SETIAWAN
NIS : 32467657
Gemail : wawan230997@gmail.com
PROGRAM STUDI
KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOPETENSI
KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SMK NANGKALEAH
2016
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan kegiatan praktik kerja lapangan (PRAKERIN) yang di susun
oleh :
Nama : WAWAN SETIAWAN
Nis : 9973836182
Program studi keahlian :
Teknik Komputer Dan Informatika
Kopetensi keahlian :
Rekayasa Perangkat Lunak
Dengan judul
LAPORAN
KAGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
PENGELOLAAN
SISTEM TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN
INFORMASI
BERBASIS WEB
PADA POLRES
TASIKMALAYA
Telah disahkan pada
Hari :
Tanggal :
Pembimbing
An. KEPALA
KEPOLISIAN RESORT TASIKMALAYA
KASI TIPOL
|
|
IWAN TAHIR
AIPTU NRP 6605049
Pembimbing Sekolah
.....................................
Nip
:
Mengetahui
Kepala Sekolah Ka Program Keahlian
...................................... .................................
Nip : Nip :
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN
KATA
PENGANTAR.........................................................................................
DAFTAR
ISI........................................................................................................
DAFTAR
TABEL................................................................................................
DAFTAR
GAMBAR...........................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN
a.
Latar
belakang...........................................................................................
b.
Tujuan.......................................................................................................
c.
Manfaat.....................................................................................................
BAB
II PELAKSANAAN KEGIATAN
A . Gambar umum perusahaan..................................................................
1.
Sejarah
singkat perusahaan........................................................................
2.
Visi
dan Misi perusahaan............................................................................
3.
Struktur
organisasi perusahaan..................................................................
B .Uraian kerja............................................................................................
C .Jadwal
kegiatan......................................................................................
BAB
III PEMBAHASAN DAN TEMUAN
A.Kajian teori..............................................................................................
1.
Faximile
Panasonic KX-FT983...................................................................
2.
Blogspot......................................................................................................
3.
Gmail
dan Yahoo.......................................................................................
4.
Instal
komputer
5.
Pengertian
kode html
B .Temuan studi
1.
Sisitem
yang ada di perusahaan...................................................................
2.
Temuan
a.
Rancangan
data...............................................................................
b.
Rancangan
tabel..............................................................................
c.
Rancangan
interface........................................................................
d.
Menjalankan
sistem.........................................................................
BAB
IV PENUTUP
a.
Kesimpulan.....................................................................................
b.
Saran................................................................................................
DAFTAR
PUSAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya ucapkan kepada Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunianya
Penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang
telah dilaksanakan di Polres Kabupaten Tasikmalaya . Laporan ini disusun sebagai salah satu
persyaratan mengikuti Uji Kompetensi di SMK NANGKALEAH Tahun Pelajaran 2016 – 2017.
Kegiatan Prakerin dimaksudkan sebagai salah satu bekal
dalam memasuki jenjang dunia usaha atau dunia industri dan untuk memupuk sikap
mental yang lebih baik dalam melaksanakan kewajiban sebagai penerus bangsa
sehingga mampu dan siap bekerja.
Sehubungan dengan terlaksananya Prakerin ini tidak
terlepas dari bantuan dan dorongan dari semua pihak secara moril maupun
materil, oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada :
1. Kedua orang tua
tercinta yang selalu memberikan motivasi selama praktek kerja industri
(PRAKERIN)
2. Bapak AKBP NUGROHO ARYANTO,
S.Ik.,M.H. selaku Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya
3. Bapak CACA, S.Pd selaku kepala SMK NANGKALEAH
4. Bapa Deni s,Pd.I selaku
kepala SMK NURUL FALAH
5 . Semua pihak yang telah membantu dan mendukung
dalam penyusunan laporan ini.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh
dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang
sifatnya membangun bagi pembaca dan masyarakat umum, semoga laporan ini
bermanfaat.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG PELAKSANAAN PRAKERIN
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK NANGKALEAH) sebagai salah satu Sub Sistem Pendidikan Nasional, memiliki kedudukan
sangat penting dalam fungsi menyiapkan tenaga kerja terampil untuk menunjang
system pendidikan nasional. Upaya penyiapan tenaga kerja yang terampil sesuai
dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, didekati melalui kebijakan “link
and match” adalah penyelenggaraan kegiatan Praktek Kerja Industri
(Prakerin).
Pada dasarnya Praktek Kerja Industri
(Prakerin) merupakan penyelenggaraan yang mengintegrasikan secara tersistem
pendidikan dunia usaha dan industry. Pengintegrasian kegiatan pendidikan ini
akan menghilangkan perbedaan standar nilai sekolah dan dunia kerja serta
sekaligus mendekatkan supply dan demand ketenaga kerjaan.
Landasan pelaksanaan kegiatan Praktek
kerja Industri (Prakerin) Sekolah menengah Kejuruan (SMK) di dasarkan atas
arahan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1993 dan ketentuan dalam
Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanl serta
peraturan-peraturan pendukungnya .
1.2 Tujuan Praktek Kerja industri
Prakerin pada
dasarnya merupakan kegiatan intrakurikuler, harus dilaksanakan oleh setiap
peserta diklat secara individu.
Dengan pengaturan organisasian pola penyelenggaraan pendidikan SMK perlu
membentuk proses kegiatan atau seluruh komponen keahlian dan kejuruan dalam
bentuk latihan kerja didunia kerja.
Meningkatkan pemahaman dan
pemantapan serta mengembangkan peserta diklat yang di dapat disekolah dan
menerapkan di dunia usaha.
Meningkatkan keterampilan berupa penguasaan
kemampuan professional kejuruan peserta diklat.
1.3 Manpaat
Prakerin bagi Sekolah
Manfaat prakerin bagi
sekolah sendiri sebenarnya tidak kalah banyaknya, berikut adalah beberapa
manfaatnya.
- Menjalankan kewajiban undang undang
- Meningkatkan citra sekolah
- Meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat.
- Meningkatkan popularitas sekolah di mata masyarakat.
- Memberikan kontribusi dan tenaga kerja bagi perusahaan.
1.4 Manfaat Prakerin di
perusahaan Instansi Polri
Perusahaan sendiri
mendapat manfaat yang cukup banyak, yaitu :
- Mendapatkan tenaga kerja sementara dengan “upah seikhlasnya”
- Mendukung program pendidikan pemerintah
- Meningkatkan citra perusahaan.
- Menambah wawasan di bidang IT sesuai Tupoksi pada Prakerin
Manfaat prakerin bagi
siswa, sekolah, dan untuk perusahaan cukup banyak dan dapat terus
dilakukan terutama untuk siswa siswi .
1.5 Gambaran umum perusahaan ( Polres Tasikmalaya )
BAB
II
SEJARAH BERDIRINYA POLRES
TASIKMALAYA
Polres
Tasikmalaya berdiri sejak tanggal 24 Oktober 2004 dengan tipe persiapan, Polres
Tasikmalaya adalah pengembangan dari polres yang berada dikota Tasikmlaya.
Sejak
tanggal 1 Januari 2006 Polres Tasikmalaya sudah menempati markas komando yang
di kedudukan di Jl.Mangunreja No.1 Tasikmlaya 46464,dengan perubahan menjdi Polres
Tipe B2 yang sampai saat ini jumlah personilnya mencapai 629 Orang .
Adapun sejak
berdirinya,polres Tasikmalaya sudah mengalami 3 pergantian kamagjabatan
kapolres ,yaitu :
1.
Dari
tahun 2004 s.d 2006 Polres Tasikmalaya dipinmpin oleh AKBP Wahyono
2.
Dari
tahun 2006 s.d 2007 Polres Tasikmalaya di pinpin oleh AKBP Sea Asitiawarman,SH.
3.
Dari
Tahun 2008 s.d 2010 Polres Tasikmalaya dipinpin oleh AKBP Y.Ruhiyat Hidayat SH
Slk.
4.
Dari
tahun 2010 s.d 2011 Polres Tasikmalaya
dipinpinoleh AKBP Prahoro Tri Wahyono,Slk.
5.
Dari
tahun 2011 s,d 2012 polres Tasikmalaya
di pinpin oleh AKBP Irman Sugema
6.
Dari
tahun 2012 s,d 2013 polres Tasikmalaya di pinpin oleh AKBP
7.
Dari
tahun 2014 s,d 2016 polres Tasikmalaya di pinpin oleh AKBP Susnadi, SIK
8.
Dari
tahun 2016 s,d saat ini polres Tasikmalaya di pinpin oleh AKBP Nugroho Arianto
s.ik.,m.h
Dalam melaksan akan tugas dan tanggung jawabnya Polres Tasikmalaya
dibagi menjadi beberapa fungsi :
1.
Kapolres
bertugas memimpin,membina dan mengawasi atau mengendalikan
satuan-satuan organisasi dalam lingkungan Polres Tasikmalaya memberikan saran
pertimbangan dan melaksanakan tugas lain sesuai perintah Kapolda.
2.
Wakapolres
bertugas membatu kapolres dalam melaksanakan tugasnya dengan
mengendalikan pelaksanaan tugas tugas staf seluruh atuan organisasi dalam
jajaran polres.
3.
Bag.ops,
bertugas menyelenggarakan admisintrasi dan pengawasna operasional.
4.
Binmas
bertugas mengatur penyelenggaraandan menguasai/menyelenggarajkan
pelaksanaan penyuluhan masyarakatdan pembinaan bentuk bentuk pengamanan swkarsa
oleh satuan-satuan fungsi yang beerkompeten.
5.
Bag
sumda bertugas menyelenggarakan
penyusunan rencana/program kerja dan anggaran pembinaan dan administrasi
personel pelatihan serta pembinaan dan administrasi logistik.
6.
Sitipol
bertugas menyelenggarakan pelayanan telekomunikasi pengumpulan dan
pengolahan data serta penyajian informasi termasuk informasi kriminal dan
pelayanan multimedia.
7.
Propam
bertugas menyelenggarakan pelaynan pengaduan masyarakat tentang
penyimpanganprilaku anggota polri dan pembinaan disipln dan tata tertib
termasuk pengamanan internal,dalamrangka penegakan hukum dan pemulihaan profesi.
8.
Urdokkes
bertugas menyelenggarakan pungsi kedokteran keterampilan kepolisian
dala rangka mendukung pelaksanaan tugas operasional polri dan pelayanan
kesehatan personel,baik dalam menggunakan sumber daya yang tersedia maupun
melalui kerjasam dengan pihak lain.
9.
Spkt bertugas memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang
membutuhkan ,dalam bemtuk penerimaan dan penanganan pertama lapora /pengaduan
.pelayanan permintaan bantua/pertlongan kepolisian.
Penjagaan
markas termask penjagaan ringan/perselisihan antara warga sesiuai ketentuan
hukum dan peraturan/kebijakan dalam orgaisasi polri.
10.
Kasium
bertugas melaksanakan ketatausahaan dan urusan dalam meliputi
korespondensi ketatausahaan perkantoran, kearsipan, dokumentasi,
menyelenggarakan rapat apel/upacara, kebersihan dan ketertiban serta urusan
perbengkelan / pemeliharaan kendaraan roda 2 maupun roda 4 dan urusan
persenjataan.
11.
Sat reskrim
,bertugas menyelenggarakan,membina fungsi penyelidikan dan
penyidikan tindak pidana.Dengan memberikan pelayanan perlindungan khusus kepada
korban atau pelaku,remaja,anak-anak dan wanita,serta menyelenggarakan fungsi
identifikasi.baik untuk kepentingan penyidikan maupun pelayanan umum dan
menyelenggarakan koorfinasi dan pengawasan oprasional dan administrasi
penyidikan PPNS sesuai kepentingan hukum daan perundang undangan.
12.
Sat
lantas bertugas menyelenggarakan/membina
fungsi lalu lintas kepolisian.yang meliputi penjagaan,peraturan,pengaturan,pengawalan
dan patroli. Penyidikan kecelakaan lalu lintas dan penengakan hukum dalam
bidang lalulintad guna memelihara keamanan ketertiban dan kelacaran lalulintas.
13.
Mapolsek
bertugas menyelenggarakan perencanaan pembangunan mapolres,dan
persiapan pembentukan polres difinitif ,disamping secara terhadap sesuai
kemampuan sumber daya yang bersedian
menyelnggarakan tugas polres.
14.
Polsek bertugas
menyelenggarakan tugas poko polri dalampemeliharaan keamanan dan ketertiban
masyarakat menegakan hukum dan pemberiann perlindungan pengayoman kepada
masyarakat .
Polres Tasikmlalaya
terdiri dari 20 polres yaitu :
1. Polsek Singaparna Dengan jumlah personal sebanyak 22 Orang.
2. Polsek Lewisari Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
3. Polsek Cigalontang Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
4. Polsek Salawu Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
5. Polek Puspahiang Dengan jumlah
personal sebanyak 20 Orang.
6. Polsek Sodong hilir Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
7. Polsek Traju Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
8. Polsek Pancatengah Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
9. Polsek Sukaraja Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
10. Polsek Cibalong Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
11. Polsek Salopa Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
12. Polsek Cikatomas Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
13. Polsek Karangnunggal Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
14. Polsek Bantarkalong Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
15. Polsek Cikalong Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
16. Polsek Cipatujah Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
17. Polsek Parungbonteng Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
18. Polsek Bojong Gambir Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
19. Polsek Sukarame Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
20. Polsek Tanjung Jaya Dengan jumlah personal sebanyak 20 Orang.
VISI MISI POLRES
TASIKMALAYA
I. Visi
Terwujudnya pelayanan
Kamtibmas prima, tegaknya hukum dan Kamdagri mantap serta terjalinya sinergi
polisional yang proaktif.
II. Misi
- Melaksanakan deteksi dini dan peringatan dini melalui kegiatan/operasi penyelidikan, pengaman dan penggalangan;
- Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan secara mudah, responsif dan tidak diskriminati;
- Menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas untuk menjamin keselamatan dan kelancaran arus orang dan barang;
- Menjamin keberhasilan penanggulangan gangguan keamanan dalam negeri;
- Mengembangkan perpolisian masyarakat yang berbasis pada masyarakat patuh hukum;
- Menegakkan hukum secara profesional, objektif, proporsional transparan dan akuntabel untuk menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan;
- Mengelola secara profesional, transparan, akuntabel dan moder seluruh sumber daya Polri guna mendukung operasional tugas Polri;
- Membangun sistem sinergi polisional interdepartemen dan lembaga internasional maupun komponen masyarakat dalam rangka membangun kemitraan dan jejaring kerja (partnership building/networking).
URAIAN JAM KERJA
LAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
PENGELOLAAN
SISTEM TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI
BERBASIS WEB
PADA POLRES
TASIKMALAYA
NO
|
HARI
|
JAM KERJA
|
1
|
SENIN
|
07.00 s/d 12.00 - 13.00 s/d 15.00
|
2
|
SELASA
|
07.00 s/d 12.00 - 13.00 s/d 15.00
|
3
|
RABU
|
07.00 s/d 12.00 - 13.00 s/d 15.00
|
4
|
KAMIS
|
07.00 s/d 12.00 - 13.00 s/d 15.00
|
5
|
JUMAT
|
07.00 s/d 11.00 - 13.00 s/d 15.00
|
6
|
SABTU
|
L I B U R
|
7
|
MINGGU
|
L I B U R
|
STRUKTUR ORGANISASI
KEPOLISIAN
NEGARA REPUBLIK INDONESIA
DAERAH JAWA
BARAT
RESOR TASIKMALAYA
|
STRUKTUR
ORGANISASI SITIPOL
POLRES
TASIKMALAYA
|
KAPOLRES
NUGROHO
ARIANTO S.IK..MH
AKBP NRP
73020674
|
WAKAPOLRES
WADI SA’BANI, S.H, S.Ik
KOMPOL NRP 77051090
KOMPOL NRP
77051090
|
KASI SITI POL
IWAN TAHIR
AIPTU NRP 66050049
|
BAURTEKKOM
HADE NUGRAHA
BRIGPOL NRP 84101528
|
BAMIN T.I
LELI RUSLI
BRIGPOL NRP 87011287
|
BAMIN T.I
HARI MULYANA
BRIGPOL NRP 86111533
|
PERATURAN
KAPOLRI
NO
:PERKAP/23/X/2010
TANGGAL 30
SEPTEMBER 2010
|
No
|
Isi materi kegiatan
|
1
|
Mengarsipkan
berita masuk dan keluar nya /expedisi
|
2
|
Menyiapkan
untuk kegiatan vicon (video comperence)
|
3
|
Mengirim
informasi lewat Aplikasi Telegram
|
4
|
Mengirim
informasi lewat Faximile panasonic kx-ft983
|
5
|
Poto copy
dan Scan Epson
|
6
|
Mengirim
kan informasi yang sudah di arsipkan kepada kasium
|
7
|
Menyiapkan
Proyektor untuk kegiatan rapat di PPKO atau GPW
|
8
|
Memberikan
pelayanan kepada tamu yang datang ke kantor Sitipol
|
9
|
Pembuatan
alamat Gmail.com wawan230997@gmail.com
|
10
|
Pembuatan
alamat blogspot.com wawanresse01.blogspot.com
|
11
|
Pembuatan
Yahoo.com wawanresse@yahoo.com
|
12
|
Sharing
bersama anggota kepolisian
|
13
|
Membantu untuk
kelacaran rapat
|
14
|
Menginstal
ulang komputer windows 7
|
15
|
Membuat
telegram bluestack
|
16
|
Membuat
BBM bluestack
|
17
|
Membuat
whatsap bluestack
|
18
|
Membuat
line bluestack
|
19
|
Mempelajari
dan memakai langsung Tv dengan aplikasi MIracast
|
20
|
Mengenal
dan mempelajari sistem jariangan
|
1.Cara kerja faximile
Panasonic kx-ft983
Setting tanggal dan
waktu :
Menu ==> # 01 ==>
Set ==> kita isikan tanggal ,bulan dan tahun ,untuk jam nya bisa gunakan
AM/PM untuk setingan 12 jam ,AM=jam 12 malam - 12 siang ,PM=12 siang - 12 malam
,untuk merubahnya kita pakai tombol * ,atau kita hilangkan AM/PM nya untuk
setingan 24 jam .setelah selesai tekan tombol SET .
Setting Your Logo :
Berfungsi untuk
menampilkan nama perusahaan kita atau nama kita ketika mengirim fax akan
tercetak di kertas si penerima fax
Menu ==> # 02 ==> SET ==> kita ketikan menggunakan tombol angka seperti mengetik SMS di Handphone setelah selesai tekan tombol SET
Menu ==> # 02 ==> SET ==> kita ketikan menggunakan tombol angka seperti mengetik SMS di Handphone setelah selesai tekan tombol SET
Setting Your Fax No :
Sama seperti logo yang
akan muncul di kertas fax si penerima bila kita setting menu ini .
Menu ==> # 03 ==> SET ==> kita ketikan nomer faximile kita ,selesai tekan SET .
Menu ==> # 03 ==> SET ==> kita ketikan nomer faximile kita ,selesai tekan SET .
Setting Sending Report
:
Berfungsi untuk
melaporkan apakah pengiriman fax berhasil atau tidak ,ada 3 pilihan setting
yaitu ERROR ,OFF,ON .
ERROR = akan mencetak laporan bila pengiriman gagal
OFF = tidak ada laporan apapun ketika berhasil atau gagal ketika mengirim fax
ON = akan di cetak laporan pengiriman baik gagal maupun berhasil mengririm fax.
Setting default dari pabrikan adalah ERROR , cara setting nya
MENU ==> # 04 ==> pilih menggunakan tombol panah atas ,selesai tekan SET
ERROR = akan mencetak laporan bila pengiriman gagal
OFF = tidak ada laporan apapun ketika berhasil atau gagal ketika mengirim fax
ON = akan di cetak laporan pengiriman baik gagal maupun berhasil mengririm fax.
Setting default dari pabrikan adalah ERROR , cara setting nya
MENU ==> # 04 ==> pilih menggunakan tombol panah atas ,selesai tekan SET
Setting Fax Ring Count :
berfungsi untuk
mengatur berapa kali berdering kemudian masuk ke mode fax caranya :
Menu ==> # 06 ==> ( 1,2,3,4,5,6,7,8,9 ) kita pilih jumlah dering masuk nya menggunakan tombol panah ke atas selesai tekan tombol SET
Menu ==> # 06 ==> ( 1,2,3,4,5,6,7,8,9 ) kita pilih jumlah dering masuk nya menggunakan tombol panah ke atas selesai tekan tombol SET
2. Telegram
pengertian
Telegram: | Kata telegram
terdiri dari dua kata yaitu tele yang berarti “jauh” dan gram
artinya “tulisan” atau ‘tanda’ atau ‘bentuk’. Secara umum, pengertian
telegram adalah tanda-tanda, tulisan, atau berita yang dikirim dan jarak jauh dengan bantuan
pesawat telegram. Alat untuk mengirim telegram disebut telegraf. Telegraf mengirimkan pesan dalam rupa sandi atau tanda-tanda morse. Di
Indonesia penggunaan telegram dalam surat-menyurat tak dapat dipisahkan dari jasa
Perusahaan Umum Pos dan Telekomunikasi (Perum Postel). Penulisan telegram
terikat dengan ketentuan-ketentuan yang diatur oleh Perum Postel. Blangko
telegram, tata cara penulisan, penetapan tanda baca, dan penghitungan biaya,
semuanya diatur oleh Perum Postel.
3.Cara
menginstall ulang komputer
Sebelum
install windows 7, tentu saja kamu harus punya DVD Windows 7 yang masih baik
kondisi nya, kalau udah rusak, buang saja , hihi, jika ada file windows iso,
burn aja ke DVD, cara nya liat disini Cara Burning Windows 7 Ke CDVD
Oke, langsung aja Masukan DVD Windows 7 , lalu setting Bios agar boot ke CDROM, jika belum di setting, lihat disini Cara Setting Booting Bios Ke CDROM.
Jika sudah, akan ada tulisan Press Any Key To Continue, Enter aja.
Maka akan muncul seperti ini.
Oke, langsung aja Masukan DVD Windows 7 , lalu setting Bios agar boot ke CDROM, jika belum di setting, lihat disini Cara Setting Booting Bios Ke CDROM.
Jika sudah, akan ada tulisan Press Any Key To Continue, Enter aja.
Maka akan muncul seperti ini.
Ini
jangan diubah, langsung next
Pilih
Install now
Centang
I accept the license terms, lalu next..
Pilih
Custom..
Pilih Partisi
yang akan di isi dengan Windows 7, karena ini hanya ada 1 partisi, maka
langsung saja, tetapi di laptop/PC anda pasti ada beberapa partisi, pilih yang
partisi C, sekitar 100GB, bisa di cek di MyComputer..
Karena ada pertanyaan dari teman yaitu cara nya agar data2 saya yang lain tidak hilang, dan yang dihapus cuma windows 7 nya bagaimana?
Karena ada pertanyaan dari teman yaitu cara nya agar data2 saya yang lain tidak hilang, dan yang dihapus cuma windows 7 nya bagaimana?
Penjelasan
Ini cukup sulit dijawab, karena data dan disk di setiap komputer/laptop berbeda, tetapi saya akan menjelaskan garis besarnya cara mempercepat koneksi internet.
Secara umum, file windows yang akan kita format dan kita install ulang berada di local disk C yang berkapasitas kurang lebih 100 GB, dan data2 kita terletak di Local Disk D, atau E, dan seterusnya, jadi kita hanya perlu masuk ke windows 7, dan buka disk C, kira2 isi file nya seperti ini. topologi jaringan komputer.
Ini cukup sulit dijawab, karena data dan disk di setiap komputer/laptop berbeda, tetapi saya akan menjelaskan garis besarnya cara mempercepat koneksi internet.
Secara umum, file windows yang akan kita format dan kita install ulang berada di local disk C yang berkapasitas kurang lebih 100 GB, dan data2 kita terletak di Local Disk D, atau E, dan seterusnya, jadi kita hanya perlu masuk ke windows 7, dan buka disk C, kira2 isi file nya seperti ini. topologi jaringan komputer.
Jika isinya seperti gambar diatas, maka disk C itulah yang akan
kita gunakan untuk diformat dan diinstall ulang, jika tidak, lihat di local
disk yang lain.
----------------------------------
setelah itu, maka langsung kembali lagi ke proses install, pilih disk yang berisi windows dan klik Drive Options, lalu Format. Setelah Format lalu Next, windows akan memulai install, kira-kira 30 menit,
----------------------------------
setelah itu, maka langsung kembali lagi ke proses install, pilih disk yang berisi windows dan klik Drive Options, lalu Format. Setelah Format lalu Next, windows akan memulai install, kira-kira 30 menit,
Tunggu Proses Install.. Setelah itu PC akan restart sendiri
beberapa kali, tunggu saja..
Masukan
Username (Nama Kamu) dan nama Komputer
Masukan
Passwordd, jika tidak ingin menggunakan password, langsung next aja.
Masukan kalo
kamu punya Serial Key, kalo gak punya hilangkan Centang nya dan next, windows akan trial dan expired dalam jangka waktu
tertentu , bisa menggunakan Windows Loader agar windows kamu menjadi full
version, search aja windows loader di google :)
Pilih Ask Me Later
Atur waktu diwilayah Anda
Keluar kan CD
nya, SELESAI !
Setelah selesai install windows, sekarang tinggal install drivernya, liat aja di Cara Install Driver Yang Sudah Di Backup .
Masalah yang sering terjadi saat install adalah berhentinya proses install ataupun error, kemungkinan besar ini disebabkan oleh rusaknya DVD windows anda, dan juga masalah pada Harddisk, kamu bisa mencoba menginstall di laptop kawan ataupun menggunakan DVD lain untuk mengetahui apa yang rusak.
Setelah selesai install windows, sekarang tinggal install drivernya, liat aja di Cara Install Driver Yang Sudah Di Backup .
Masalah yang sering terjadi saat install adalah berhentinya proses install ataupun error, kemungkinan besar ini disebabkan oleh rusaknya DVD windows anda, dan juga masalah pada Harddisk, kamu bisa mencoba menginstall di laptop kawan ataupun menggunakan DVD lain untuk mengetahui apa yang rusak.
4.Langkah dan Proses Cara Membuat Blog
1. Buat Email Gmail terlebih dahulu.
Jika belum punya email silahkan belajar cara membuat email
Gmail terlebih dahulu. Mengapa demikian? Ya, karena saat kita akan login,
mau pun mulai daftar ke tempat bikin blognya, yakni Blogger.com, disyaratkan
telah memiliki akun email gmail (bukan yang lain seperti yahoo, hotmail dan
lainnya). Ini tidak saja untuk tujuan bikin blog, tapi bisa juga untuk
keperluan lain, seperti daftar facebook, upload video di Youtube, dan lain
sebagainya, jadi tak ada ruginya bila kita membuatnya, lagian kita bisa
memanfaatkannya sebagai alat komunikasi.
Sekarang ini email bahkan bisa dibuat sebagai
alat untuk mencari penghasilan dari internet dengan mengikuti beberapa program
periklanan yang memang khusus untuk promosi lewat email tersebut, dan mengenai
ini akan kita bahas tuntas pada segmen selanjutnya.
2. Masuk ke www.blogger.com
(jika tidak bisa masuk dengan cara klik di
atas, maka cukup ketik di google kata “blogger”)
Setelah membuka alamat website resminya di atas
maka anda akan melihat gambar seperti di bawah (jadi saat masuk yang diketik
adalah blogger.com, tapi setelah jadi bagian akhir alamatnya adalah
blogspot.com) Silahkan isi datanya dengan alamat
email dan kata sandi email yang telah kamu buat sebelumnya,
lalu klik ‘Masuk’ :
Keterangan:
Di baris pertama isi dengan alamat email yang telah kamu buat sebelumnya, sedang di baris selanjutnya dengan kata sandi yang kamu pakai saat login ke akun emailmu. Pastikan jangan salah ketik karena huruf besar dan kecil dibedakan jika menggunakan password. Selain itu, lihat juga apakah caps lock pada keyboard tidak diaktifkan karena bisa menyebabkan semua huruf yang diketik jadi huruf besar.
Di baris pertama isi dengan alamat email yang telah kamu buat sebelumnya, sedang di baris selanjutnya dengan kata sandi yang kamu pakai saat login ke akun emailmu. Pastikan jangan salah ketik karena huruf besar dan kecil dibedakan jika menggunakan password. Selain itu, lihat juga apakah caps lock pada keyboard tidak diaktifkan karena bisa menyebabkan semua huruf yang diketik jadi huruf besar.
3. Mulai bikin blog baru
Setelah login selanjutnya kamu akan diarahkan
ke halaman seperti yang tertera di bawah, silahkan klik tombol di sebelah kiri
yang bertuliskan “Blog Baru”
4. Beri Nama dan Pilih Alamat
Selanjutnya akan muncul halaman kecil yang mana
terdapat 4 langkah singkat pembuatan blog di dalamnya, yaitu:
Penjelasan:
1.Judul – Di
bagian cara membuat blog gratis di blogspot ini isi dengan judul blogmu,
sebaiknya yang sesuai dengan temanya agar mudah terindeks Google. Tapi ini bisa
diganti kapan saja setelah blognya jadi.
2.Alamat – Pada
kolom ini anda harus pilih alamat blog gratisan yang belum digunakan orang
lain, mislanya bloggue.blogspot.com dan sebagainya. Jika sudah dipesan
orang maka akan terlihat tanda seru (!) berwarna kuning seperti yang terlihat pada
gambar atau kalau belum ada yang gunakan sama sekali maka akan tampak tanda
benar atau centang berwarna biru. Jika sudah begitu lanjutkan ke step
berikutnya.
3.Template –
Tampilan beberapa gambar yang terlihat ini adalah bentuk tampilan blogmu
nantinya. Tapi tidak perlu khawatir karena ini masih bisa dirubah dengan yang
lebih menarik dan keren dengan cara mempercantik nya melalui file template yang
didownload di situs penyedianya yang gratis. Atau kalau belum paham, silahkan
baca Cara Mengganti
Template Blog yang sudah kami terangkan secara jelas bagaimana langkahnya
hingga memiliki tampilan seperti web profesional dan berbayar.
1.Klik ‘Buat
Blog’ – Ini untuk men-save nama dan tampilan yang sudah dipilih dan blog
gratisan sederhana anda pun telah jadi dan siap diisi berbagai artikel maupun
penawaran bisnis di dalamnya.
Tambahan : Sebelum lanjut, luangkan waktu buat
Logo secara Online di Logaster agar di bagian header
blogmu menampilkan brand unik yang lebih menarik atau kalau belum tahu bisa
baca tutorialnya di sini : Cara Membuat Logo Online
Gratis
5. Mengisi dan Menulis Artikel
Setelah mempunyai blog maka langkah selanjutnya
yang harus kita tahu adalah bagaimana menulis artikel di dalamnya dan apa saja
yang dilakukan agar bisa mulai aktif dan dikunjungi banyak orang. Berikut
prosesnya :
6. Masuk
ke halaman penulisan
- Silahkan anda klik tombol warna oranye (no 1) yang bergambar pensil tersebut untuk mulai posting article,
- Atau klik icon tanda panah kecil untuk memilih beberapa pengaturan, misal ‘Pos‘ untuk melihat semua artikel yang sudah ditulis, ‘Laman‘ untuk menulis artikel menu seperti profil, kontak dan sebagainya, ‘Komentar‘ untuk melihat siapa saja yang telah memberi comment, dan ‘Statistik‘ untuk melihat jumlah pengunjungnya per hari, minggu atau bulan. Setelah masuk di bagian itu, anda juga masih bisa melihat tombol pos atuu membuat artikel baru di bagian kiri samping yang juga tulisannya oranye.
7. Mulai posting
Keterangan (sesuai angka):
1.
Untuk
keterangan nomor 1 di sisi dengan judul artikel yang akan kamu publikasikan,
usahakan jangan terlalu singkat dan kalau perlu sesuai dengan tema yang kamu
ingin bahas agar mudah terindeks.
2.
Kolom
untuk mengetik tulisan blog anda.
3.
Untuk
pengaturan dan gaya artikel, seperti mem-bold, huruf
miring atau memperbesar kata dan lainnya.
4.
Label
adalah sama dengan nama dari kategori artikelnya. Ini gunanya untuk
mengelompokkan jenis tulisan dalam satu kategori, missal ‘WordPress’
yang isinya segala menyangkut soal tutorial wordpress tersebut.
- Tombol kuning dengan tulisan ‘Publikasikan’ adalah yang kita klik setelah selasai menulis agar artikel tersebut bisa online dan dibaca semua orang.
Tips :
Agar tulisan dalam blog terlihat rapi maka
usahakan jarak antar paragraf juga diperhatikan, yakni dengan menambah 1 spasi
lagi setelahnya. Caranya cukup tekan enter 2 kali setiap ingin memulai paragraf
baru.
5. Teknologi Video Conference (vicon)
Video Conference adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang
memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi
melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan. Video conference
pada dasarnya memungkinkan sekelompok individu di mana pun di seluruh dunia
yang mempunyai akses internet untuk dapat mengadakan pertemuan secara simultan
bersama-sama tanpa harus secara fisik bertemu satu sama lain dalam lokasi
tertentu. Ini adalah metode menggabungkan video dan audio secara simultan
sehingga berarti diskusi atau pertemuan dapat berlangsung secara real-time
melalui internet.
Saat ini fasilitas
video conference menjadi fasilitas yang populer dikalangan pemerintahan. Trend
ini makin populer saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Teknologi inti yang
digunakan dalam konferensi video adalah sistem kompresi digital audio dan video
stream secara nyata. Perangkat keras atau perangkat lunak yang melakukan
kompresi disebut dengan codec. Angka kompresi dapat dicapai hingga 1:500.
Digital yang dihasilkan aliran 1s dan 0s dibagi menjadi paket label, yang
kemudian dikirimkan melalui jaringan digital biasanya menggunakan Integrated
Servive Digital Network (ISDN) dan dengan Internet Protocol (IP). Penggunaan
modem audio dalam saluran pengiriman memungkinkan penggunaan Plain Old
Telephone System atau POTS, dalam beberapa aplikasi kecepatan rendah, seperti
videotelephony, karena POTS mengubah getaran digital ke atau dari gelombang
analog dalam rentang spektrum audio.
Jaringan video
conference Polri di dukung oleh jaringan VPN-IP PT Telekomunikasi Indonesia,
Tbk yang merupakan pemain utama bisnis melakukan video conference dengan para
Gubernur, Kapolda dan Pangdam menggunakan jaringan Vicon milik Polri. Polri
melalui divisi Telematikanya juga memiliki fasilitas video conference yang
menghubungkan Mabes Polri sebagai Komando tertinggi sampai jajaran Polda- Polda
di seluruh Indonesia yang berjumlah 31 Polda. Video conference digunakan oleh
pimpinan untuk memberikan pengarahan yang menyangkut kebijakan internal maupun
mendukung kebijakan pemerintah, merupakan sarana K3I yaitu Komando, Kendali, Koordinasi
dan Informasi bagi Polri yang sangat efektif. Polri sendiri mempunyai pusat
kendali untuk video conference untuk keperluan video conference serta
monitoring.
telekomunikasi di
Indonesia, Hampir semua Polda- polda di seluruh Indonesia tergelar jaringan
VPN-IP, sedangkan untuk Polda- polda yang belum tercover layanan VPN-IP PT
Telkom masih menggunakan jaringan Satelit/VSAT (Very Small Apeture Terminal).
Komponen lain yang
dibutuhkan untuk sistem video conference meliputi:
1. Video input: kamera video atau webcam
2. Video output: monitor komputer, televisi atau proyektor
3. Audio input: mikrofon
4. Audio output: biasanya pengeras suara yang berkaitan dengan perangkat layar atau telepon
1. Video input: kamera video atau webcam
2. Video output: monitor komputer, televisi atau proyektor
3. Audio input: mikrofon
4. Audio output: biasanya pengeras suara yang berkaitan dengan perangkat layar atau telepon
Simpul praktek
kerja industri (Prakerin) di Sitipol
1.Pada waktu
penulis ditempatkan di sitiipol (Seksi informasi teknologi kepolisian),kegiatan
yang dilaksanakan diantara nya:
a.
Mengarsipkan
dan mengagendakan surat
Surat yang masuk maupun yang keluar harus selalau di agendakan dan
di arsipkan,supaya apabila ada penemuan atau pencarian surat,bisa langsung di
ketahui dimana kita menyumpan surat itu,
b.
Pemelihaharaan
jaringan komunikasi kepolisiandan data,serta pelayanan.
c.
Penyelenggaraan
sistem informasi krimina,yang meliputi penyiapan dan penyajian data statistik
kriminal,
Penyelenggaran
koordinasi dalam penggunaan teknologi komunikasi dan informasi dengan satuan
fungsi di lingkungan polres termasuk vikon (video coperence). 1.
Pastikan
anda mempunyai akun gmail yang masih aktif dan bisa digunakan
2.
Masuk atau kunjungi gmail.com dari
gadget yang anda miliki
3.
login ke akun Gmail anda, bila anda belum punya silahkan daftar
dahulu kemudian login
4. klik/pilih
COMPOSE atau TULIS
5. Masukkan
email yang kita tuju pada kolom to, add CC. Ketikkan perihal file yang kita
kirim misalnya “tugas Kuliah”
6.
Attach file/ lampirkan file kemudian pilih file yang akan kita
kirimkan yang tersimpan di PC atau Laptop kita baik berukuran besar ataupun
kecil kemudian pilih Open.
7.
Setelah melakukan langkah-kangkah sebelumnya maka nama file serta
ekstensi file tersebut akan tertera, (lihat gambar no.7) dan Untuk mengirim
email tersebut anda klik Send atau Kirim
PENGERTIAN DARI
HTML,HTTP,PHP,WWW,XHTML,WML,JSP,FTP,ISP,
HTML =
Hyper Text Markup Language
PHP =
Hypertext Preprocessor
HTTP =
Hyper Text Transfer Protocol
WWW = world wide web
XML = Xtended Markup Language
WML = Wireless Markup Language
XHTML = Extensible Hypertext Markup Language
JSP =
Java Server Pages
ISP = Internet Service Provider
FTP = File Transfer Protocol
Pengertian HTML
HTML merupakan
singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML merupakan bahasa pengkodean
yang digunakan untuk menghasilkan dokumen-dokumen hypertext untuk digunakan di
WWW (World Wide Web) atau menampilkan sebuah halaman dokumen web. HTML terlihat
seperti bahasa pengkodean lama, yang diawali dan diakhiri dengan command-command
HTML dimana menunjukkan bagaimana keluarannya pada saat dijalankan pada sebuah
web browser.
Yang membedakan dokumen HTML dengan dokumen-dokumen lainnya adalah adanya elemen HTML yang disebut juga dengan command HTML dan biasa disebut dengan tag yang digunakan untuk menentukan tampilan dari dokumen HTML. Setiap dokumen HTML diawali dan diakhiri dengan tag HTML.
Yang membedakan dokumen HTML dengan dokumen-dokumen lainnya adalah adanya elemen HTML yang disebut juga dengan command HTML dan biasa disebut dengan tag yang digunakan untuk menentukan tampilan dari dokumen HTML. Setiap dokumen HTML diawali dan diakhiri dengan tag HTML.
Contoh: <BEGIN
TAG> </END TAG>
Tag tidak case sensitive sehingga bisa menggunakan <HTML> atau <html>
Bentuk dari tag HTML adalah <element atribute = value> dimana:
Element = nama tag
Atribute = atribut dari tag
Value = nilai dari atribut
Contoh: <body bgcolor = white>
Body merupakan elemen, sedangkan bgcolor merupakan atribut yang memiliki nilai white.
Tag tidak case sensitive sehingga bisa menggunakan <HTML> atau <html>
Bentuk dari tag HTML adalah <element atribute = value> dimana:
Element = nama tag
Atribute = atribut dari tag
Value = nilai dari atribut
Contoh: <body bgcolor = white>
Body merupakan elemen, sedangkan bgcolor merupakan atribut yang memiliki nilai white.
Contoh HTML Sederhana
<html>
<head>
<title>Halo Lingkup
Informatika</title>
</head>
<body bgcolor = "black">
<p style="color:white">Halo</p>
</body>
</html>
3.Kesan
1. Penulis
sangat berterimakasih ,karena dengan diadakan pelaksanaan prakerin ini penulis
bisa menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang telah di dapat dari sekolah pada
dunia kerja yang sebenarnya ,da penulis juga menyadari dalam pelaksanaan
prakerin ini penulis mempunyai kekurangan.
Bagi pihak
Perusahaan/Instansi
2.Penulis
sangat berterimaksih ,karena penulis diijinkan untuk melaksanakan prakerin di
Polres Tasikmalaya ini,.
Penulis
menyadari bahwadalam pelaksanana prakerin ini penulis banyak sekali kekurangan
,dan Alhamdulilah selama penulis melaksanakan prakerin,penulis mendapatkan
wawasan dan ilmu pengetahuan baru yang tida pernah di peroleh di Sekolah
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Dari pengalaman Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) yang dilaksanakan di PORLES Tasikmalaya Sitipol selama 3 bulan dapat diambil kesimpulan :
a. Dengan adanya Praktek Kerja
Industri ini, para peserta PRAKERIN cukup banyak mendapat informasi dengan
pengalaman khususnya mengenai internet sehinggga menambah motivasi bagi peserta dalam
memperdalam ilmu tentang keinternetan
b. Setelah pelaksanaan PRAKERIN ini dapat disimpulkan antara
teori yang dapat di sekolah dengan praktek kerja di dunia usaha memiliki banyak
perbedaan. Teori lebih sulit jika dibandingkan dengan praktek secara langsung.
c. Keberhasilan pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini
sangat dibutuhkan oleh para siswa/siswi agar dapat bisa mengikuti salah satu
syarat untuk menempuh UAS/UN. Dengan dibuatnya laporan PRAKERIN ini diharapkan
dapat dijadikan acuan bagi lancarnya pelaksanaan Praktek Kerja Industri,
terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan paket keahlian yang ada di Dunia
usaha/Dunia industri.
6.2. Saran
Dalam proses PRAKERIN ini dibutuhkan
kedisiplinan dan keseriusan dalam mengerjakannya. Dan sebelum bekerja alat dan
bahan harus disiapkan selengkap-lengkapnya agar tidak menimbulkan
kendala-kendala yang menghambat proses praktek yang dikerjakan. Dan sangat membutuh kab keahlian sedikit nya dalam bidang jurusan RPL (Rekayasa
prangkat lunak).
Daftar pustaka
Setiawan.wawan.(2016).laporan
praktik kerja industri sistem teknologi komunikasi dan informasi. From http://wawanresse01.blogspot..com/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=27&Itemid=30,
29 September 2016
Lampiran-Lampiran
|
|
Gambar.01 Menerima telepon dari polda jabar
|
Gambar.02
Pengarahan untuk lapbul vicon
|
|
|
Gambar.03 Menerapkan cd room
|
Gambar.04 Mengirim surat lewat faxsimile
|
|
|
Gambar.05 Arahan untuk pengisian jastel
|
Gambar.06 Mempeljari sambungan internet
|
|
|
Gambar.07 Tv dengan aplikasi muiracast
|
Gambar.08 Mengenal pesawat kepolisian
|
|
|
Gambar.09
Poto copy dan scan
|
Gambar.10
Expedisi masuk keluar TR
|
|
|
Gambar.11
Menginstal ulang komputer
|
Gambar.12
Pengecek surat untuk sium
|
|
|
Gambar.13
Diskusi SMK NANGKALEAH
|
Gambar.14
Kegiatan di PPKO
|
|
|
Gambar.15
Kegiatan di GPW
|
Gambar.16 Giat vicon
|
What are the most popular sports toto bet on today? - Sporting100
BalasHapusBetting on sports has been exciting for many. This online betting blog will tell you everything you need to 토토사이트 know about sports betting.
The 12 Best Casinos Near Bryson City OR - Mapyro
BalasHapusCompare 안양 출장샵 and 하남 출장샵 review all 보령 출장안마 The 12 Best Casinos Near Bryson City OR in 광명 출장안마 Bryson City 서귀포 출장안마 OR. Find the BEST and NEWEST Casinos in Bryson City OR in realtime.